Mata Kuliah Lab. Farmakognosi-Fitokima

Botani Farmasi

Kode Mata Kuliah : 3FF104

Kelompok : Matakuliah Keilmuan Dan Keterampilan (MKK),Wajib

Semester Penyajian : I

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Botani Farmasi berisi pokok-pokok bahasan tentang morfologi tumbuhan, struktur anatomi dan proses fisiologi yang terjadi di dalam sel tumbuhan, bentuk morfologi organ vegetatif dan organ generatif tumbuhan, klasifikasi tumbuhan tingkat tinggi, karakter dan karakteristik tumbuhan, perkembangan tumbuhan dari embrio hingga dewasa, struktur sel tumbuhan, klasifikasi jaringan tumbuhan, metabolisme tumbuhan dan peranan enzim, fotosintesis, respirasi, senyawa kimia yang dihasilkan tumbuhan.

Farmakognosi I

Kode Mata Kuliah : 3FF213

Kelompok : Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB),Wajib

Semester Penyajian : III

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Farmakognosi berisi pokok-pokok bahasan tentang sejarah, pengertian, dan manfaat farmakognosi, dan masa depan obat bahan alam, sumber bahan baku obat alam (simplisia dan ekstrak), dan cara memperolehnya, kandungan metabolit pada bahan alam, golongan minyak atsiri, resin, glikosida, karbohidrat, tannin dan flavanoid yang mencakup sifat kimia, cara identifikasi, cara memperoleh, penggolongan, dan sumber simplisia penghasil, dan contoh penggunaannya dalam pengobatan.

Farmakognosi II

Kode Mata Kuliah : 3FF221

Kelompok : Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB),Wajib

Semester Penyajian : IV

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Farmakognosi berisi pokok-pokok bahasan tentang penggolongan metabolit primer dan sekunder obat bahan alam (alkaloid, lipid, steroid, peptide dan enzim), karakteristik, sumber, cara memperoleh, cara identifikasi, penggolongan sumber simplisia penghasil serta kegunaannya dalam pengobatan, selain itu juga membahas standarisasi bahan alam menurut WHO, dan Materi Medika, factor-faktor yang mempengaruhi mutu bahan baku obat alam, dan cara standarisasinya.

Fitokimia I

Kode Mata Kuliah : 3FF327

Kelompok : Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB),Wajib

Semester Penyajian : V

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Fitokimia I adalah matakuliah wajib yang terdiri dari 3 SKS berupa 2 SKS pertemuan perkuliahan diruang kelas selama 14 pekan termasuk ujian mid semester dan ujian final semester. 1 SKS berupa praktikum yang membahas mengenai pengolahan simplisia sampai pada identifikasi ekstrak. Sampel diperoleh dari kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) pada awal berlangsungnya proses perkuliahan.

Materi kuliah ini membahas mengenai ruang lingkup kandungan kimia yang berasal dari alam khususnya pada tumbuhan. Pembahasan secara menyeluruh terhadap segala aspek kimia tumbuhan (phytochemistry) yang berfokus pada metabolit tumbuhan meliputi jenis, cara ekstraksi, partisi, identifikasi dan penerapan metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dalam identifikasi ekstrak yang melibatkan senyawa penanda (biomarker).

Fitokimia II

Kode Mata Kuliah : 3FF345

Kelompok : Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB),Wajib

Semester Penyajian : VI

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Fitokimia II adalah mata kuliah wajib yang merupakan kelanjutan dari mata kuliah fitokimia I, terdiri dari 3 SKS berupa 2 SKS pertemuan perkuliahan diruang kelas selama 14 pekan termasuk ujian mid semester dan ujian final semester. 1 SKS berupa praktikum yang membahas mengenai isolasi ekstrak yang diperoleh dari praktikum mata kuliah fitokimia II atau dapat berupa ekstrak lain yang potensil dijadikan sebagai sampel penelitian tugas akhir.

Materi kuliah ini membahas mengenai ruang lingkup kandungan kimia yang berasal dari alam khususnya pada tumbuhan. Pembahasan secara menyeluruh terhadap segala aspek kimia tumbuhan (phytochemistry) yang menguraikan tentang beberapa jenis metabolit sekunder & jalur biosintesisnya, metode isolasi & pengujian aktivitas (bioassay) pada ekstrak dan identifikasi isolat.

Obat Asli Indonesia

Kode Mata Kuliah : 2FF347

Kelompok : Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB),Wajib

Semester Penyajian : VI

Deskripsi Mata Kuliah

Obat asli indonesia/obat tradisional sekarang ini telah menjadi salah satu alternatif pengobatan pada masyarakat maka mahasiswa sebagai calon farmasi harus mampu menjelaskan dan menerapkannya dalam produksi dan penggunaan obat asli indonesia.obat tradisional.

 Fitoterapi

Kode Mata Kuliah : 2FF466

Kelompok : Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Pilihan

Semester Penyajian : VII

Deskripsi Mata Kuliah

Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan aktivitas biologik tanaman obat dan mengetahui kandungan senyawa berkhasiat yang dapat memberikan efekfarmakologik serta golongan farmakologik tanaman obat.

 Farmakogalenika dan Produk Bahan Alam

Kode Mata Kuliah : 2FF361

Kelompok : Mata Kulian Keahlian Berkarya (MKB), Pilhan

Semester Penyajian : VI

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Farmakogalenika& Produk bahan alam berisi pokok-pokok bahasan tentang bentuk-bentuk sediaan galenik dalam pengobatan tradisional, produk bahan alam meliputiherbal medicine, suplemen, makanan dan minuman serta kosmetik bersumber dari bahan alam dan pengembangannya, bahan tambahan & kontaminan dalam sediaan kosmetik & makanan, metode analisis kualitatif& kuantitatif produk bahan alam, dan perkembangan mutakhir produk-produk bahan alam.

Bioassay Bahan Alam

Kode Mata Kuliah : 2FF356

Kelompok : Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKKB), Pilihan

Semester Penyajian : VI

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Bioassay Bahan Alam adalah matakuliah pilihan yang terdiri dari 2 SKS berupa 2 SKS pertemuan perkuliahan diruang kelas selama 15 pekan termasuk ujian mid semester dan ujian final semester.

Materi kuliah Mata kuliah bioassay bahan alam berisi pokok-pokok bahasan tentang metode dalampengujian aktivitas biologik (bioassay) secara eksperimental kualitatif dan kuantitatif, strategi berbagai metode pengujian obat bahan alam dengan metode skrining dan metode high throughput screening.

Keamanan dan Interaksi Obat Bahan Alam

Kode Mata Kuliah : 2FF470

Kelompok : Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Pilihan

Semester Penyajian : VII

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Keamanan Dan Interaksi Obat Bahan Alam adalah matakuliah pilihan yang terdiri dari 2 SKS pertemuan perkuliahan diruang kelas selama 14 pekan termasuk ujian mid semester dan ujian final semester. Matakuliah keamanan dan interaksi bahan alam berisi pokok-pokok bahasan tentang pengenalan tumbuhan racun, ciri morfologi tumbuhan racun dan bahaya yang ditimbulkan, senyawa beracun yang berasal dari tumbuhan tingkat tinggi dan tingkat rendah, keamanan tanaman obat serta mekanisme dan interaksi beberapa tanaman obat.