Sejarah Singkat

Dalam rangka menghadapi tantangan di masa depan bagi keluaran perguruan tinggi ditandai dengan semakin ketatnya persaingan tenaga kerja di era pasar bebas tertutama di kawasan ASEAN dalam beberapa tahun ini, dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memacu diri untuk berperan serta dalam mempersiapkan sumber daya pembangunan di segala bidang kehidupan. Sejalan dengan ini, maka Universitas Muslim Indonesia Makassar berperan aktif  dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai bagian dari pelaksanaan pembangunan nasional, sehingga dibentuklah Fakultas  Farmasi  Universitas  Muslim  Indonesia  berdasarkan Izin Penyelenggaraan  dari  Departemen  Pendidikan  Nasional,  Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor: 3109/D/T/2001 Tanggal 26 September 2001, dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 174/SK/BAN-PT/Ak-XVI/VIII/2013 dengan peringkat B.

Kecenderungan pendidikan jenjang Strata satu (S1) di negara maju mengarah kepada penekanan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan ilmu-ilmu dasar, terutama ilmu dasar keahlian, sehingga memberikan dasar penguasaan ilmu pengetahuan yang kuat dan selanjutnya dapat dikembangkan di bidang profesi atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka kurikulum disusun dengan memperhatikan hasil evaluasi kurikulum sebelumnya dan memperhatikan berbagai masukan dari pihak industri, masyarakat, asosiasi, profesi, pemerintah dan tidak lepas dari ciri khas UMI. Dari berbagai macam unsur masukan maka disusunlah kurikulum berdasarkan pada kurikulum berbasis kompetensi dengan memadukan visi, misi dan tujuan dari Fakultas Farmasi dan Universitas Muslim Indonesia Makassar. Untuk mendukung tercapaian visi misi dan tujuan tersebut, mahasiswa diberi bekal keterampilan praktek baik di laboratorium maupun dibidang jasa/industri berupa kerja praktek, studi komparatif, dan magang. Hal ini dimaksudkan agar alumni nantinya memiliki kemampuan teori dan keterampilan, khususnya dasar keahlian dan pengalaman lapangan sehingga dapat menjadi Farmasis yang unggul, profesional.dan berdaya saing yang tinggi baik tingkat nasional maupun internasional.

Sejalan dengan cita-cita luhur tersebut, Fakultas Farmasi UMI terus melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas. Era baru pun dimulai setelah Fakultas Farmasi UMI memperoleh izin dari pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Apoteker sesuai SK. Kemenristek-Dikti RI No. : 186/KPT/I/2016. Sehingga penerimaan angkatan I mahasiswa baru Program Studi Profesi Apoteker telah dimulai pada bulan september 2016.

1 Comment

Leave a Reply